AMAZON

Wednesday, October 13, 2010

HOAX mobile banking klikBCA

Klikbca diteriaki Maling / HOAX KlikBCA       13 Oktober 2010
Maling teriak maling adalah pepatah yang populer yang artinya seorang maling yang meneriaki orang lain sebagai maling, biasanya hal ini dilakukan guna menyelamatkan dirinya supaya tidak dikira maling. Kalau yang satu ini berbeda, klikBCA diteriaki maling. Demikianlah HOAX yang sedang marak beredar di komunitas maya dan banyak sekali disebarkan oleh penerimanya baik di Facebook, mailingl ist, Twitter dan BBM sejak pertengahan Agustus 2010. Mungkin penyebar HOAX ini memiliki prinsip, daripada ada jadi korban mendingan gua sebarin ajah nih berita. Mumpung gratis ini BBM, Facebook dan Twitter .... kalau benar kan hitung-hitung amal dapat pahala, menyelamatkan banyak orang. Itu, kalau benar memang amal menyelamatkan banyak orang. Tetapi yang jadi masalah, kalau salah bagaimana ? Bukannya mendapatkan pahala, tetapi terbalik, anda menyebarkan pitnah :p.
Pesan ini marak beredar di BBM / Blackberry Messenger (lihat gambar 1)
Gambar 1, HOAX KlikBCA yang disebarkan melalui BBM
Posting di Facebook (lihat gambar 2)
Gambar 2, HOAX KlikBCA di Facebook
Twitter (lihat gambar 3)
Gambar 3, Tweet HOAX KlikBCA di Twitter
Pesan yang dikirimkan isinya kira-kira sebagai berikut :
yg punya Rek BCA: Penting bgt..
JIKA terima link sperti ini jgn tertipu:" Finally, mobile Klik BCA for BB users: https://m.klikbca.com/".
Jgn coba masukin no.pin anda, ini website palsu. Sebarkan ke tmn2 anda jg ya. Krn sudah banyak yg tertipu. Td jg ada beritanya di TV one4:19 PM.
Dan seperti biasanya, kreativitas selalu muncul dimana membaca pesan HOAX tanpa perlu mengecek saja sebenarnya sudah dapat memperkirakan berita tersebut HOAX :
1.       Ada kalimat "Sebarkan ke tmn2 anda jg ya". Ciri khas HOAX yang meminta penerima menyebarkan ke sebanyak mungkin penerima.
2.       "Sudah banyak yang tertipu". Kalimat ini bertujuan untuk meyakinkan penerimanya untuk segera mengirimkan HOAX tersebut. Padahal kalau penerima HOAX mengirimkan berita tersebut .... justru yang tertipu adalah pengirim HOAX ini :p.
3.       "Tadi jg ada beritanya di TV one4:19 PM". Kalimat ini meminjam nama tenar TN One dan meyakinkan supaya korbannya makin percaya.
Dari sudut pandang lain, penulis mencoba mencari sebab mengapa HOAX ini berhasil bertahan sampai hari ini (BCA mengeluarkan Press Release mobile Banking 30 Juli 2010). Melihat pesan yang dikirimkan, salah satu kemungkinan HOAX ini beredar karena ketidaktahuan masyarakat awam. Dulu pernah ada kasus plesetan domain klikbca yang diplesetkan menjadi www.kilkbca.com atau www.wwwklikbca.com yang disalahgunakan sebagai situs phishing untuk mencuri password pengguna klikbca sehingga pengguna internet banking menjadi paranoid. Penambahan http menjadi https yang sebenarnya meningkatkan keamanan transaksi "s" = secure sehingga memungkinkan enkripsi dalam pengiriman data transaksi malah diartikan sebagai jenis typo yang lain, apalagi ditambahkan dengan tambahan "m" pada domain klikbca, tambah ngeri saja :p. Sudah ditambahkan huruf "s" pada http, lalu ditambahkan lagi huruf "m" pada awal alamat klikbca, tentunya ini tambah meyakinkan kalau situs ini adalah situs "jadi-jadian" :p. Wong dulu "cuma" tertukar posisi huruf "i" dan "l" (www.kilkbca.com) tanpa penambahan huruf "s" di http dan huruf "m" di depan alamat situs saja sudah jadi situs jahat, kalau ini kan penambahannya dobel. Harusnya ini jahat kuadrat ..... mungkin begitu kira-kira pemikiran yang mendasari orang untuk percaya pada HOAX ini.
Bagi anda yang menerima HOAX ini, sebelum mengirimkan HOAX (walaupun tidak perlu mengeluarkan biaya karena anda sudah berlangganan paket internet unlimited) ada baiknya anda melakukan cross check terlebih dahulu. Menurut pengecekan Vaksincom BCA sudah mengeluarkan Press Release mengenai akses klikBCA melalui smartphone ini di :
dan informasi ini dapat ditemui pada running banner di situs www.klikbca.com pada saat tulisan ini dibuat. Atau kalau mau afdol, telepon ke customer service bank yang bersangkutan.
 
Salam,
Aa Tan
PT. Vaksincom
Jl. Tanah Abang III / 19E
Jakarta 10160
Ph : 021 3456850 begin_of_the_skype_highlighting              021 3456850      end_of_the_skype_highlighting
Fx : 021 3456851
lintasberita

No comments: